Blok gavin dianto

SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WA LA ILAHAILLALLAH WALLAHU AKBAR

Sabtu, 15 November 2014

UPAYA MENCEGAH BENCANA TURUN

Menyikapi banyaknya bencana  seperti bencana Alam yang menimpa negeri kita akhir-akhir ini, maka hendaklah merenungi ayat ini


“ Dan peliharalah dirimu dari fitnah yang tidak hanya menimpa orang-orang yg Zalim semata diantaramu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaNya ( Al-anfal : 25)

Allah ta’ala menyuruh agar hamba-hambaNya yang beriman waspada karena ujian/ fitnah yang menimpa tak hanya menimpa pelaku kemaksiatan saja atau pelaku dosa langsung tetapi orang-orang beriman pun terkena. Dlm suatu hadist yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Hudzaifah, Rasulullah bersabda “ Demi yang jiwaku dalam genggamanNya, hendaklah kamu menyuruh kepada Ma’ruf dan mencegah kemungkaran, atau Allah menimpa azab kepada kamu semua, lalu kamu berdoa, namun do’a kalian tidak dikabulkan”.
Salah satu faktor musibah turun adalah bila amar ma’ruf dan nahi munkar ditinggalkan.  Sebagai contoh kasus bencana alam seperti tanah longsor,  banjir dll adalah dikarenakan banyaknya penebangan pohon atau pengrusakan alam. Jika masyarakat kita memiliki jiwa nahi munkar, maka siapa pun ia bila menemukan adanya penebangan hutan, illegal loging, pembakaran hutan dan pembukaan lahan yang merusak alam maka hendaklah minimal ia melaporkannya kepada yang berwenang atau kepada tokoh  masyarakat setempat.
Ali bin thalhah pun meriwayatkan dari Ibnu Abbas ketika menafsirkan ayat diatas “ Allah menyuruh kaum mukminin agar jangan membiarkan orang munkar ditengah-tengah mereka, maka nanti azab akan meliputi mereka.
Sikap pro aktif masyarakat sangat perlu untuk mencegah agar fitnah/ bencana tidak menimpanya dan masyarakat sekitarnya. Jadi sebagai bagian dari tarbiyah atau pendidikan kemasyarakat hal ini harus senantiasa  digalakkan oleh para dai.  Pengajakan masyarakat melalui dakwah untuk bersama-sama mencegah kemungkaran untuk saat ini sangat perlu untuk di tingkatkan karena untuk menjaga agar azab Allah tidak turun adalah tanggung jawab bersama.   
Didalam hadist yang diriwayatkan imam muslim rasulullah bersabda “ Barang siapa melihat kemungkaran maka hendaklah ia merubahnya dengan tangannya, bila tak mampu maka hendaklah dgn lisan bila tak mampu maka hendaklah dengan hati, dan itu adalah serendah-rendahnya Iman. Dan mulai sekarangpun kita harus menggalakkan memerangi kemaksiatan. Jika kita mengetahui tempat-tempat maksiat, prostitusi, person pengedar narkoba, dan perilaku  maksiat lainnya maka  kita harus proaktif sebagai wujud amar ma’ruf nahi munkar mencegah semampu kita walaupun cuma sekedar laporan kepada pihak yang berwenang  ataupun melalui  sms.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar